GPCA sebuah skema pengurangan dimensi yang efisien untuk kompresi dan pencarian citra

Beberapa tahun terkini telah menyaksikan sebuah peningkatan dramatis dalam kuantitas data citra yang yang terkumpul, karena peningkatan dalam bidang seperti citra medis, pengamatan, pengawasan, astronomi, multimedia dan lain-lain. Dengan peningkatan ini , kenaikan telah mendatangkan kebutuhan untuk bias disimpan, dikirim, dan dicari dalam jumlah citra yang besar secara efisien. Sebuah operasi pada basis data citra yang besar adalah pencarian sebuah citra yang mirip dengan citra yang dicari.
Untuk itu citra dalam database seringkali disajikan sebagai sebuah vector dalam ruang dimensi tinggi dan sebuah masukan dijawab dengan mencari semua vector citra yang dekat dengan citra masukan dalam ruang ini, di bawah ukuran kemiripan yang sesuai. Untuk mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan dimensionalitas yang tinggi, seperti waktu pencarian dan penyimpanan yang tinggi, sbeuah langkah pengurangan dimensi biasanya dilakukan pada vector untuk mengumpulkan informasi yang relevan dalam jumlah dimensi yang kecil.
Principal Component Analysis (PCA) adalah sebuah skema pengurangan dimensi yang dikenal baik. Namun, karena PCA bekerja dengan representasi citra yang tervektorisasi, PCA tidak mengambil peran lokalitas spasial dari piksel dalam citra. Dalam makalah ini, sebuah skema pengurangan dimensi baru, disebut Generalized Principal Component Analysis (GPCA), disajikan. Skema ini bekerja secara langsung dengan citra dalam bentuk asal, seperti matrik dua dimensi, dengan memproyeksikan citra pada sebuah ruang vector yaitu perkalian tensor dari dua ruang vector dengan dimensi lebih kecil. Percobaan dalam database citra wajah menunjukkan bahwa, untuk sejumlah penyimpanan yang sama, GPCA lebih bagus daripada PCA dalam hal kualitas dari citra yang terkompresi, presisi pencarian, dan biaya komputasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>