Berapa Banyak Lubang Hitam di alam semesta?

Kita semua takut terhadap lubang hitam, namun seberapa banyak lubang hitam sebenarnya di luar sana? Antara lubang hitam bermassa bintang dan lubang hitam yang supermassif, seberapa banyak lubang hitam di luar angkasa?

Lubang Hitam

Lubang Hitam

Terdapat dua jenis lubang hitam di alam semesta yang kita ketahui: terdapat lubang hitam bermasa bintang, yang dibentuk dari banyak bintang-bintang, dan sebuah lubang hitam supermasif yang berada pada tangah galaksi.
Sekitar 1 dari 1000 bintang mempunyai cukup massa untuk menjadi sebuah lubang hitam ketika bintang tersebut mati. Galaksi bima sakti kita mempunyai 100 miliar bintang, hal ini berarti bima sakti mungkin mempunyai 100 juta lubang hitam bermassa bintang. Karena terdapat ratusan miliar galaksi dalam semesta yang bisa di amati, terdapat banyak, lebih banyak di luar sana. Kenyataanya, matematika menunjukkan terdapat sebuah lubang hitam baru yang membentuk setiap detik atau lebih. Sehingga, sebagai rekapitulasi, seluruh alam semesta sekitar 1/1000 nya adalah lubang hitam bermassa bintang.
Lubang hitam supermasif mempunyai cerita yang sedikit berbeda. Lubang hitam pusat galaksi kita sekitar 26000 tahun cahaya dari kita. Secara formal, disebut bintang Sagittarius A, namun untuk tujuan tertentu disebut Kevin. Sekedar anda tahu, ilmuwan tidak memberikan istilah supermasif tanpa alasan, Kevin memuat 4.1 juta kali massa matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>