Variabel Acak

Kita diberikan sebuah percobaan yang ditentukan oleh ruang S atau Ω, field dari himpunan bagian S yang disebut kejadian, dan probabilitas yang diberikan pada kejadian ini. Untuk setiap keluaran ζ dari percobaan ini, kita tugaskan sebuah bilangan x(ζ). Kita kemudian membuat sebuah fungsi x dengan domain himpunan S dan range sebuah himpunan bilangan. Fungsi ini disebut sebuah variabel acak jika ememnuhi syarat lunak tertentu yang aka diberikan.
Semua variabel acak akan dituliskan dalam huruf tebal. Simbol x(ζ) akan menandakan bilangan yang diberikan pada keluaran ζ tertentu dan simbol x akan menandakan aturan korespondensi antara elemen tertentu dari S dan bilangan yang ditugaskan pada nya. Contoh lain, x adalah tabel pasangan antara enam mata dadu dari dadu dengan enam bilangan 10,…,60. Domain dari fungsi ini adalah S={f_1,...,f_6} dan range nya adalah himpunan dari enam bilangan di atas. pernyataan x(f_2) adalah bilangan 20.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>